Selasa, 24 April 2012

KERAJINAN TANGAN DAN MAKANAN LOKAL KOTA SAMARINDA YANG LUAR BIASA

Kerajinan tangan adalah sesuatu yang bisa membuat banyak hal biasa menjadi menarik, dan dari beberapa kerajinan tangan yang pernah saya lihat, kerajinan tangan khas dikalimantan timur khususnya Samarinda banyak yang menarik juga.

makanan khas dan kerajinan tangan lainnya seperti sarung tenun dan kerajinan seni pahat dan ukiran juga manik - manik banyak dan dapat kita lihat di Kaltim Samarinda.

Samarinda Seberang tepatnya, kita bisa melihat semua kerajinan tersebut banyak dibuat oleh pengrajin yang dominan home industri dari ibu rumah tangga tetapi untuk makanan khas diSamarinda kota juga dapat dijumpai karena masyarakat lokal juga doyan.

Beberapa kelompok usaha yang cukup dikenal didalam dunia sarung tenun adalah KUB (KELOMPOK USAHA BERSAMA) Aneka Cahaya Aqila dengan sebutan Raja Sarung Kaltim yang dipimpin oleh DRS. Haruni . HW, salah satu pengrajin sarungtenun dengan bahan dasar kain sutra dan katun. Ada juga CAHAYA SAMARINDA yang juga pengarajin sarung tenun dengan corak khas Samarinda yang dipimpin oleh HJ.ADERI dan ARSYAD, keduanya berlokasi diSamarinda seberang.

Makanan khas Samarinda adalah Amplang, amplang adalah makanan yang bentuknya sedikit unik dengan rasa seperti kerupuk dengan rasa khas yaitu rasa ikan tenggiri dan sangat aman dikonsumsi semua umur.

Salah satu UKM (usaha kecil menengah) yang memproduksi makanan ini adalah UKM CENTER EAST KALIMANTAN yang bertempat di Samarinda kota.

SALAH KERAJINAN SARUNG TENUN KHAS SAMARINDA








SALAH SATU KERAJINAN TANGAN MANIK-MANIK YANG MASUK REKOR MURI 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar